Time of Your Life

time

Masa muda adalah saat kamu merasa:

Bingung, tidak berdaya, takut, kesepian, cemas

Sekaligus berbahagia.

Itulah masa muda –Rando Kim

 

Baca juga di http://conaxe.com/v1/page-224-time-of-your-life.html
hallo, apa kabar?

Kali ini saya mau sharing tentang salah satu topik dari Buku Time of Your Life dari Rando Kim. Rando Kim merupakan seorang  professor dan mentor terbaik di Seoul National University dan memberikan banyak nasihat untuk para remaja dan kaum muda.

“umur saya sudah kepala dua, tapi belum menghasilkan apa-apa”

“kenapa sih di umur segini saya belum bisa sukses?”

“saya merasa sangat terlambat sekali di banding yang lainnya, umur sudah tua”

Nah, pernahkah teman-teman mengucapkan hal yang demikian? Atau mendengarnya dari orang lain? Saya pun pernah merasakan hal yang seperti itu. Merasa sudah terlambat dalam menggapai apa yang saya inginkan dan tertinggal. Sebagian dari teman saya pun ada yang merasakan hal yang sama.

Terkadang perasaan seperti itu membuat kita merasa menyesal, merasa tertinggal dan khawatir. Banyak mahasiswa tingkat akhir yang menyesali masa mereka yang berjalan terlalu cepat atau fresh graduate yang kebingungan dan frustasi mengenai masa depannya.

Waktu memang berjalan dengan sangat cepat, namun pukul berapakah sebenarnya di jam kehidupan kita? Random Kim mengibaratkan hidup kita dari lahir hingga meninggal dengan 24 jam waktu kita sehari dan masa rata-rata hidup seseorang adalah 80 tahun. Jika kita punya 1.440 menit per hari dibagi dengan 80, artinya kita memiliki 18 menit setahun. Jika umur kita adalah 20 maka 20 dikali 18 menit adalah 360 menit atau 6 jam, yang artinya sekarang masih pukul 06.00 pagi di jam kehidupan saya.

Jika kita lihat di kehidupan sehari-hari apa yang biasa orang lakukan pukul 06.00 pagi? Bersiap-siap berangkat kerja? Atau sebagian masih tertidur lelap? Masih sangat pagi dan saya merasa hidup sudah cukup lama. Dan masih banyak waktu tentunya untuk mencapai apa yang diinginkan.

Jadi, untuk semua teman-teman yang merasa sudah terlambat untuk memulai sesuatu atau merasa menyesal karena belum bisa mencapai suatu hal maka ingatlah sekarang masih pukul 06.00 pagi bagi yang berumur 20 tahun. Masih banyak waktu untuk terus maju dan mencapai apa yang diinginkan. Tidak ada kata terlambat atau terlalu awal. Bersemangatlah!

Jadi, pukul berapa di jam kehidupanmu?

Leave a Reply

